Only Yesterday: Kisah Sederhana Tentang Masa Lalu dan Kehidupan

So,masa kecil adalah saat di mana kita menjadi sosok yang apa adanya. Nggak jaim buat mewek, berani menunjukkan perasaan, all out pas main-main, intinya bisa mengungkapkan apa yang ingin kita sampaikan tanpa ragu-ragu. Saat beranjak dewasa kemampuan tersebut mulai redup dan bahkan menghilang.

Babak dewasa menuntut kita menjadi pribadi yang lebih serius dan bertanggung jawab. Beberapa dari kita terjerembab dalam rutinitas yang itu-itu saja dan pada akhirnya membuat jengah. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebosanan adalah mengambil cuti dan berlibur, menikmati alam pedesaan misalnya.

Menikmati pemandangan sawah

Yup! Menjauh dari rutinitas sehari-hari dengan menikmati suasana desa dilakukan oleh tokoh dalam film Only Yesterday, Taeko. Ia sengaja mengambil cuti demi bisa merasakan suasana pedesaan dan menjadi petani pemetik bunga.

Premis Only Yesterday nggak muluk-muluk. Ia menyoroti liburan tokoh utamanya, Taeko. Namun liburan tersebut bukan liburan biasa, saat itu Taeko mengenang kembali fragmen-fragmen kisah masa kecilnya yang juga ditunjukkan pada penonton.

Menjadi anak paling bontot membuat Taeko sering menjadi bulan-bulanan keluarganya, apalagi ia tak sepandai kedua kakaknya. Beda lagi saat di sekolah, ia memiliki banyak teman, menjadi sosok yang rendah hati dan selalu berusaha bersikap baik. Ada beberapa bagian pada hidup Taeko kecil yang sangat menghibur. Kala ia pertama kali jatuh cinta dan menghadapi persoalan tentang haid.

Taeko kecil jatuh cinta

Lewat potongan-potongan adegan yang menghibur, Only Yesterday menyelipkan sebuah pesan bahwa proses menuju kedewasaan seorang anak sangat perlu pendampingan orang tua. Baik anak laki-laki maupun perempuan sebaiknya tahu apa yang akan terjadi pada lawan jenisnya ketika mereka beranjak dewasa.

Kembali ke Taeko dewasa yang tengah berlibur di desa, ia menikmati waktunya dengan menjadi petani bunga. Setiap pagi dihabiskannya untuk memetik bunga dan mengikuti proses pembuatan pemerah pipi dan pewarna. Selama di desa ia banyak didampingi oleh Toshio yang memiliki pemikiran unik.

Toshio dan Taeko

Toshio menjelaskan pada Taeko tentang interaksi alam dan manusia. Di mana mereka saling terhubung satu sama lain. Yang satu memberi, satunya menerima serta memelihara. Ah, pesan yang sangat dalam dari sebuah anime.

Only Yesterday sebagai film anime tahun 90an sangat menghibur dan membawa pesan yang menyentuh. Gambar dan premisnya yang sederhana bukan halangan untuk menyampaikan moral of story yang powerful. Tontoklah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *